Friday, November 9, 2012

Sistem Komputer

Salam para pembaca, pada kesempatan ini penulis mencoba menyajikan materi Sistem Komputer.yang meliputi Proses Kerja Komputer.

Sistem Komputer adalah jaringan elemen-elemen yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan yang bekerja secara otomatis dalam melakukan pengolahan data untuk satu tujuan pokok yaitu menghasilkan suatu keluaran dalam bentuk informasi yang diinginkan.
Sebahagian lainnya menyatakan bahwa Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi.
Penemu computer pertama:  Charles  Babbage (1791-1871) dari  Southwark,  Inggris


Proses kerja komputer secara sederhana adalah:
Proses pertama: User memasukkan perintah dan data  melalui perangkat masukan /input (untuk lebih jelasnya lihat perangkat input di Klasifikasi Hardware).

Proses kedua: Pelaksanaan perintah pengolahan data dilakukan oleh  prosesor atau juga sering disebut sebagai otak komputer. Pada prosesor terdapat 3 bagian pentingya  yaitu:

-Control Unit(CU) : Mengontrol semua kerja perangkat yang terpasang dalam computer, mengatur pengambilan data, mengatur prioritas penghitungan data , mengatur pengiriman data untuk disimpan ke memori atau pengiriman data/informasi ke perangkat  keluaran/output  (untuk lebih jelasnya lihat perangkat output di Klasifikasi Hardware).
-Arithmatic Logical Unit(ALU) : Mengelola semua proses yang berhubungan dengan matematika dan logika.
-Memory Unit(MU)  yaitu RAM : Menyimpan sementara data yang dimasukkan, menyimpan sementara hasil proses pengolahan data.

Proses ketiga:
Mengeluarkan(Output) hasil dari perintah yang sudah diolah didalam prosesor melalui perangkat output seperti monitor(Mengeluarkan tampilan), spiker(Mengeluarkan suara), printer (Mengeluarkan hasil cetakan) dan melalui perangkat output lain
 

No comments:

Post a Comment

LUPA PASWORD AKUN DI GOOGLE?.. BEGINI SOLUSINYA

Alhamdulillah 💕 Assalamualaikum  sahabat online 🙋💝💝 sharing info solusi jika sulit membuka akun google  Langkah-langkah metode lupa pasw...