Tuesday, November 6, 2012

Topologi Ring (Topologi Cincin)

Salam sahabat pembaca, pada kesempatan ini penulis mencoba menyajikan informasi mengenai Topologi Ring,  semoga paparan informasi ini menarik dan bermanfaat..

Topologi Ring secara logic juga berupa sebuah cincin logic.
Topologi Ring ditemukan oleh perusahaan IBM,  lebih terkenal sebagai Token Ring
Gambar 1. Contoh1 layout Topologi Ring

Gambar 2. Contoh2 layout Topologi Ring

Gambar 3. Contoh3 layout Topologi Ring
Ciri-ciri fisik Topologi Ring :
-setiap node melalui NIC nya masing-masing terhubung satu sama lain pada jalur tunggal  membentuk suatu loop tertutup seperti  lingkaran atau bentuk-bentuk lain yang sedemikian.

Alat dan Bahan yang diperlukan dalam Topologi Ring:
1.Node /anggota jaringan  berupa PC atau printer , fax , dll
2.NIC  atau LAN card atau adaptor jaringan
3.Kabel sebagai media penghubung diantara node,  jenis kabel yang dapat digunakan : UTP, Kabel sistem 4.IBM,  Fiber Optik, STP  .  Tetapi STP lebih memungkinkan ukuran loop yang besar yakni 250 node pada satu loop.
5.Konektor RJ-45 yang menghubungkan kabel ke port NIC masing-masing node .(gambar terdapat pada pembahasan yang telah lalu)
Gambar 4.   a.Contoh NIC        b. Contok kabel STP
Komunikasi Data pada Topologi Ring:
Dalam berkomunikasi Topologi Ring menggunakan metode/protocol  Media Acces Control  jenis Token Ring  yang sering juga disebut Token Pasing  atau Token Elektronik  dalam spesifikasi IEEE.802.5  yang biasa disebut ringkas sebagai Token.
Media Acces Control mengatur transmisi data diantara node di dalam jaringan tanpa terjadi konflik.
Token merupakan sebuah paket data khusus yang bisa diibaratkan sebagai bejana kosong pengangkut data, yang bergerak melintas searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam di dalam jalur tunggal jaringan.
Untuk lebih memudahkan  pemahaman komunikais data pada Topologi Ring, maka sangat perlu kita ingat bahwa pada NIC terlampir beberapa hal:
  • Media Acces Control address , yaitu penanda identitas alamat node
  • fungsi adaptor jaringan ,  yaitu memungkinkan node untuk dapat terhubung ke sistem jaringan
  • fungsi pengirim data
  • fungsi repeater data  yaitu mengirimkan  kembali  sinyal   yang diterima  ke jalur node agar dikirimkan lanjut ke node tujuan.(forwarding)
  • fungsi penerima data
  • fungsi konversi data/sinyal listrik ke bentuk bit yang dimengerti oleh komputer dan sebaliknya.
Topologi Ring dianggap juga sebagai Sistem Transmisi Data Multipoint ,  dimana setiap node dalam jaringan mampu memulai mentransmisikan data dan forwarding  data. Oleh karena itu setiap node berfungsi sebagai : -pengirim, - repeater ,  -penerima data.
Data ditransmisikan dalam satu arah (unidirectional) dan ditarnsmisikan dalam format frame . Komunikasi terjadi  dalam pola  berkelanjutan. Setiap node dapat mengirim data jika mendapat Token kosong  sehingga pengiriman data berlangsung pada waktu tertentu.

Proses Pengiriman Data Topologi Ring:
1. Node yang mendapat Token kosong ingin mengirim data , maka node tersebut melampirkan  datanya  bersama frame, kemudian node pengirim  melampirkan alamat nya dan melampirkan alamat node tujuan pada frame data tersebut untuk dibawa token ke node tujuan melalui jalur lintasan tunggal.

2. Token bergerak di dalam lintasan tunggal dan berhenti pada setiap node . Setiap node wajib mendeteksi  apakah data frame yang dibawa token ditujukan padanya,  jika bukan ditujukan padanya maka node tersebut melepaskan Token Frame Data  ke lintasan jaringan agar bergerak menuju node selanjutnya.   Hal demikian terjadi berulang hingga Token Frame Data sampai di node tujuan

3. Ketika Token sampai di node tujuan maka node tujuan mendeteksi frame yang dibawa Token  jika alamat tujuan pengiriman sama dengan alamat nodenya maka node tersebut mengambil datanya  dan menandai frame yang telah kosong dengan kode bahwa data telah diterima dengan tepat sesuai alamat tujuan.Token Frame kemudian bergerak ke dalam lintasan jaringan menuju node berikutnya dan node berikutnya memeriksa Token Frame dan melepaskannya kembali ke lintasan jaringan.  Demikianlah seterusnya hingga Token Frame sampai di node asal (node si pengirim).

4. Sesampainya Token Frame kosong di node si pengirim maka node tersebut memeriksa  Frame kosong pada Token dan membaca kode di frame kosong tersebut bahwa pengiriman telah sukses diterima node tujuan,  selanjutnya node tersebut menghapus Frame kosong tersebut dan melepaskan Token kosong  untuk bergerak kembali di  lintasan jaringan, kemudian Token kosong tersebut  siap digunakan oleh node manapun yang akan menggunakannya sebagai alat pengiriman data.

Kelebihan Topologi Ring:
  1. Relatif mudah dalam instalasi dan konfigurasinya
  2. Komunikasi relatif sederhana dalam satu arah menggunakan Token serta memperkecil terjadinya collision (tabrakana sinyal/data)
  3. Kinerja lebih baik daripada Topologi Bus meskipun volume lalu lintas data/beban kerja meningkat.
  4. Baik untuk komunikasi jarak jauh
  5. Server tidak perlu mengkontrol konektivitas antar node
  6. Setiap node memiliki akses yang sama terhadap sumber daya
  7. Sinyal dalam jaringan aktif diperkuat karena setiap NIC masing-masing node berfungsi juga sebagai repeater.
  8. Dapat membuat jaringan yang berukuran lebih besar
Kelemahan Topologi Ring:
  1. Karena Topologi Ring hanya terdiri satu jalur maka gangguan /kegagalan link/jalur  tunggal mengganggu kinerja jaringan bahkan jaringan bisa tidak berfungsi
  2. Pada saat jaringan aktif, menambah dan mengurangi node mengakibatkan jaringan berhenti
  3. Jika suatu node gagal maka kinerja jaringan juga gagal
  4. Kecepatan pengiriman data lebih lambat daripada Topologi Star karena data harus beredar melewati setiap node di dalam jaringan.sebelum sampai di node tujuan.
Referensi:
  1. http://blog.teachbook.com.au/index.php/computer-science/networking-2/network-topologies/
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Ring.network
  3. http://fallsconnect.com/topology.htm
  4. http://home.olemis.edu/~misbook/cntrins.htm
  5. http://homepages.uel.ac.uk/u0330814/ring.html
  6. http://media.techtarget.com/searchNetworking/Download/NetConsultantsch2.pdf
  7. http://virtual-managed-server.com/ring-topology.html
  8. http://www.blurtit.com/q9769030.html
  9. http://www.bukisa.com/article/363211 ring-topology-diagram-advantages-and-disadvantages
  10. http://www.computerhope.com/jargon/r/rington.htm
  11. http://www.datacottage.com/nch/troperation.htm
  12. http://www.ehow.com/info 12184120 four-types-wirebeased-network-topologies.html
  13. http://www.ehow.com/list6 068682 benefits-ring-topology.html
  14. http://www.fltutorials.com/tutorials/computer hardware networking tutorials/basics of computer networking/chapter4/chapter4.3.1.php

1 comment:

LUPA PASWORD AKUN DI GOOGLE?.. BEGINI SOLUSINYA

Alhamdulillah 💕 Assalamualaikum  sahabat online 🙋💝💝 sharing info solusi jika sulit membuka akun google  Langkah-langkah metode lupa pasw...