Monday, October 8, 2012

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi 
TIK  merupakan teknologi yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolaahan data , penyimpanan, penyajian dan pentebaran informasi.

Komunikasi merupakan penyampaian pesan(message) dari si pengirim(komunikator) ke si penerima(komunikan) secara langsung ataupun tidak langsung(menggunakan media).

Teknologi Informasi digunakan untuk mengolah informasi
Teknologi Komunikasi digunakan untuk memindahkan informasi dari si pengirim ke si penerima.
Contoh alat teknologi informasi : komputer, calculator .
Contoh alat teknologi komunikasi : telephon,  TV, radio dan sebagainya


Pengertian Data.  
Dalam kamus bahasa Indonesia,  data berasal dari kata Datum yang artinya adalah Fakta.
Data adalah catatan kumpulan fakta.
data merupakan deskripsi dari suatu kejadian yang kita hadapi .   Data biasanya catatn hasil pengukuran dan pengamatan dapat berupa angka, karakter, gambar, simbol dan lain-lain.
Ciri-ciri data:  mentah tidak memiliki konteks, kurang bermakna.

Jenis-Jenis Data
Terdapat beberapa pengelompokan data berdasarkan beberapa hal,  diantaranya adalah:

1. Berdasarkan cara memperolehnya:
a. Data Primer,  yaitu data yang diambil langsung dari objek atau dari suatu kejadian     misalnya data kependudukan yang dicatat oleh petugas sensus.
b. Data Sekunder,  yaitu data yang dikumpulkan oleh pihak/orang lain     misalnya data kependudukan yang ada di kantor kelurahan.

2.Berdasarkan Sumber Data:
a.Data Internal,  yaitu data yang menggambarkan keadaan atau kondidi suatu organisasi/ instansi/lembaga  misalnya data kepegawaian di kantor Tata Usaha
b.Data Eksternal,   yaitu data yang menggambarkan situasi/kondisi di luar organisasi,   misalnya data siswa -siswi yang mengikuti kegiatan sosial di kecamatan,  Banyaknya pesanan cake talas Rahma

3.Data berdasarkan jenis pengukurannya:
a.Data kuantitatif,   yaitu data yang disajikan dalam bentuk angka-angka,  misalnya Pancasila terdirir dari 5 sila,    Jumlah penduduk kelurahan A sebanyak 1500 jiwa ,    dll.
b.Data kualitatif,  yaitu data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna,  misalnya Data kepuasan konsumen terhadap suatu produk minuman penyegar cap X  digambarkan dalam pernyataan segar, sangat segar, cukup segar, kurang segar,      Data jajak pendapat di DPR RI dalam memutuskan akan diberlakukan tidaknya suatu peraturan atau undang-undang digambarkan dalam setuju, tidak setuju.

4.Data berdasakan Sifat Data:
a.Data Diskrit ,   yaitu data yang disajikan dalam bentuk angka-angka , bilangan asli,  biasanya merupakan hasil suatu penghitungan,     misalnya Pada Pilkada DKI putaran kedua Jokowi-Ahok menang atas pesaingnya Foke Nara dengan selisih suara sebanyak 351.315.    Jumlah awak pesawat Sukhoi asal Rusia yang mengalami kecelakaan di gunung Salak sebanyak 8 orang .
b.Data kontinyu,    yaitu data yang disajikan dalam bentuk interval tertentu, berada dalam batas suatu nilai tertentu ke nilai tertentu lainnya,   biasanya merupakan hasil pengukuran,    misalnya diperkirakan sekitar 3500 artis dilibatkan dalam acara penutupan Olympiade London 12 agustus 2012.  Tinggi pohon Asam Jawa di halaman kantor  5,5 meter,     Lomba melukis tingkat SD kemarin 3 September 2012 di Kota Y diikuti perwakilan anak-anak SD sekota Y dengan umur 8-12 tahun.

5.Data berdasarkan Waktu Pengumpulannya:
a. Data Cross Section,  yaitu data yang dibuat pada suatu titik waktu,  misalnya   Data Inventaris laboratorium komputer SMA Negeri 3 kota Tebing Tinggi bulan per 30 Juli 2012,     Nilai tukar rupiah 4 Oktober 2012 siang jam 12.53 WIB Rp.9.596 per dolar AS.
b.Data Time Series/Data Berkala,     yaitu data yang menggambarkan sesuatu pada suatu periode waktu, misalnya    Honda Supra X 125 menempati posisi teratas di segmen motor bebek periode Januari-Maret 2012. Jumlah volume yang dikantongi sekitar 133.800-an unit, setara dengan 18,79% total pasar bebek.
Data hasil pengukuran tinggi tanaman percobaan dari minggu ke 1 hingga minggu ke 4 bulan September 2012.    Nilai rupiah terhadap dolar AS minggu ke 1 s/d minggu ke 3 Januari 2012.


Pengertian Informasi
Dalam bidang komputer,  informasi merupakan data yang disimpan, diproses /ditransmisikan/ditransformasikan.

Informasi adalah data yang telah diolah, telah diberi makna/konteks sehingga menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya.
Contoh infomasi: Laporan Rugi Laba dan Neraca  Koperasi Suka Makmur per Desember 2011,
Nilai akhir Semester 1 kelas X-7 SMA Negeri 3 kota Tebing Tinggi TP.2012-2013.
 Tabel 5 negara penduduk terpadat di dunia tahun 2005-2010

Fungsi Informasi
Banyak fungsi informasi,  sesuai bidang kajian,tujuan dibuatnya informasi masing-masing informasi, diantaranya:
1.Untuk menambah pengetahuan
2.Untuk menggambarkan keadaan sebenarnya dari sesuatu hal
3.Untuk menjadi landasan ataupun pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan
4.Untuk mengambil keputusan
5.Untuk membuat umpan balik atas keputusan,    dll


Pengolahan Data

3 Tahapan dalam pengolahan data yaitu:
1.Data Input (memasukkan data ke dalam proses pengolahan )
2.Data Transmition/Processing/Transformation ( proses pengolahan data)
3.Information Output (mengeluarkan/menampilkan informasi)

Kegiatan /fungsi kerja yang dilakukan pada tahap ke 1( Data Input) diantaranya:
1. Record : merekam data ,  yaitu memasukkan data  misalnya memasukkan angka-angka dan pengoperasiannya  ke dalam kalkulator manual atau ke dalam software kalkulator,  mengetikkan data ke dalam spreadsheet, merubah isi data yang telah disimpan sebelumnya.
2.Code:  melakukan pengkodean , atau merubah kode yang telah ada sebelumnya,  misalnya membuat kode Perempuan sebagai P
3.Select: melakukan pemilihan data -data yang akan diolah
4.Store: menyimpan data atau suatu informasi untuk pengambilan keputusan.

Kegiatan /fungsi kerja yang dilakukan pada tahap ke 2(Data Transmition/Processing/Transformation ) diantaranya:
1.Calculating : melakukan penghitungan /operasi aritmetika terhadap data
2.Summarizing : merangkum /mengakumulasi beberapa data,  misalnya menjumlah total penjualan unit sepeda motor bebek dari Januari hingga Maret 2012.
3.Classifying : melakukan pengelompokan data ,  yakni terdiri atas:
a.Categorizing : mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu , misalnya pengelompokan data berdasarkan kategori P,   pengelompokan berdasarkan kategori kawin.
b.Sorting : mengurutkan data .  Secara umum ada 2 cara pengurutan data yakni Ascending yaitu pengurutan data dari urutan terkecil/terawal ke urutan terbesar/terakhir berdasarkan suatu kelaziman misalnya A-Z,   1,2,3,4,dst ke nilai terbesar,  cara Ascending di terapkan pada hal umur, masa kerja , lama waktu  dan sebagainya.     Descending yaitu pengurutan data dari urutan terbesar/terakhir ke urutan terkecil/terawal  yakni cara urutannya kebalikan dari Ascending.
c.Merging : menggabungkan dua atau lebih set data berdasarkan kriteria tertentu   misalnya menggabungkan data Januari, Februari , Maret  ke dalam grup triwulanan.
d.Matching : menyesuaikan data -data berdasarkan keperluan pengguna terhadap grup data,  misalnya  data penduduk kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi yang berpendidikan tamat SMA dan sederajaatnya.

Kegiatan /fungsi kerja yang dilakukan dalam tahap ke 3 (Information Output),  diantaranya:
1.Displaying Result: menampilkan hasil dari tahapan ke 2 ke dalam monitor atau ke dalam bentuk cetakan di kertas atau pada lembaran slide.
2.Reproduce : menyimpan /mengarsipkan informasi  untuk dapat digunakan oleh pemakai lain yang membutuhkan
3.Telecomunicating: menyimpan informasi secara elektronik melalui saluran komunikasi,  misalnya di e mail, di halaman web dan sebagainya.

Proses pengolahan data dapat dijelaskan secara ringkas  dengan Diagram Alur Proses Pengolahan Data,  seperti di bawah ini:
Gambar 1. Diagram alur proses pengolahan data menjadi informasi
Siklus Informasi ( the information processing cycle)

Informasi yang dihasilkan dapat dijadikan data untuk menghasilkan informasi lain, atau hasil dari tindakan atas keputusan yang diambil berdasarkan suatu informasi dapat kembali dijadikan sebagai data untuk  selanjutnya diproses ,   dan langkah-langkah hal seperti itu dapat terjadi secara terus menerus hingga didapatkan suatu pencapaian yang dimaksud.
Siklus informasi merupakan gambar yang menjelaskan proses menghasilkan informasi secara ringkas dengan mengelompokkan langkah-langkah yang diperlukan di dalamnya.
Banyak cara untuk menggambarkan siklus informasi  apalagi jika digambarkan secara khusus pada suatu perusahaan, suatu event tertentu , dan sebagainya.

Salah satu gambaran siklus Informasi menurut  Burch dan Grudnitski 1989 sebagai berikut:


Keterangan:
1.Data yang akan diolah ditangkap (dicatat/dikumpulkan)
2.Selanjutnya data dimasukkan ke dalam model pengolahan
3.Dari pengolahan data dihasilkan informasi.   [Ada kalanya data yang dimasukkan disimpan sebagai basis
   data untuk dijadikan bahan model pengolahan di lain waktu.]
4.Informasi diterima/digunakan oleh si Penerima Informasi
5.Penerima mengambil keputusan/tindakan berdasarkan informasi yang diterima
6.Tindakan yang diambil menghasilkan data baru
7.Data baru yang berasal dari hasil tindakan ditangkap kembali untuk diinput ke model pengolahan kembali ,
   demikian selanjutnya sehingga membentuk siklus .
8.Peran database sebagai hasil dari penyimpanan data,  dimana suatu waktu bilamana diperlukan database
   dijadikan bahan data yang akan diproses sesuai tujuan ataupun  bentuk informasi yang diinginkan.
Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).

Sumber Referensi Informasi:

  1. edorusyanto.wordpress.com/2012
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Cross-sectional_data
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Process_%28computing%29
  4. http://idetedi.wordpress.com/2012/08/02/sim/
  5. http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data
  6. http://infinity.cos.edu/faculty/woodbury/stats/tutorial/Data_Disc_Cont.htm
  7. http://internet.artikel2.com/pengertian-data.htm
  8. http://www.chegg.com/homework-help/definitions/discrete-continuous-31 
  9. http://www.bisnis.com/articles/nilai-tukar-naik-3-poin-ke-9-dot-596-per-dolar-as-rupiah-kian-mantap
  10. http://www.businessdictionary.com/definition/backup-data.html 
  11. http://www.ehow.com/how_8730219_steps-data-processing-cycle.html  
  12. http://www.scribd.com/doc/57504550
  13. http://www.statslab.cam.ac.uk/~rrw1/timeseries/t.pdf
  14. http://idetedi.wordpress.com/2012/08/02/sim/
  15. www.itechgraph.com/blog/tag/siklus-informasi 

No comments:

Post a Comment

LUPA PASWORD AKUN DI GOOGLE?.. BEGINI SOLUSINYA

Alhamdulillah 💕 Assalamualaikum  sahabat online 🙋💝💝 sharing info solusi jika sulit membuka akun google  Langkah-langkah metode lupa pasw...