Monday, August 12, 2013

SATELIT





Salam  Sahabat.


 Alhamdulillah kali ini saya mulai menulis lagi informasi yang semoga bermanfaat perihal Satellit.



Mengapa kita   dapat berkomunikasi dengan seseorang atau banyak orang  yang jauh bahkan sangat jauh jaraknya  seperti komunikasi dengan orang antar benua bahkan antar planet ? Mengapa kita bisa menggunakan jasa Internet dan mendapatkan berbagai informasi dari world wide web? Mengapa nasabah bank bisa menggunakan kartu kreditnya  di berbagai negara belahan dunia lainnya , dan bagaimana bisa  terjadi  lain-lain hal yang membuat kita mudah dan takjub?  Semua itu karena adanya  peran dari Satelit.


Sahabat pembaca.. , pada kesempatan ini saya akan mencoba menyajikan informasi tentang Satelit dalam bentuk Tanya jawab. Berdasarkan fungsinya banyak jenis satelit, pada kesempatan ini saya akan menyajikan seputar Satelit Komunikasi.


Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan informasi perihal Satelit yakni:
1.Apakah arti Satelit
2.Apa  yang merupakan komponen utama Satelit
3.Berapa lama suatu satelit bisa berfungsi ?
4.Berapakah berat sebuah Satelit ?
5.Daerah mana yang bisa menggunakan layanan Satelit ?

Untuk informasi lain seperti :
Bagaimana satelit diorbitkan dan Bagaimana satelit melakukan komunikasi dengan penggunanya maka akan saya tuliskan pada postingan lainnya di blog ini.
Selamat Membaca ... Semoga Bermanfaat  ^ _ ^
1.Apakah arti Satelit
Secara umum Satelit adalah sebuah objek benda yang mengorbit di sekitar benda besar/planet.
Berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi pengertian Satelit adalah sebuah system komunikais mandiri dengan kemampuan untuk menerima sinyal dari bumi dan memancarkan kembali sinyal tersebut.
Atau Satelit adalah alat yang berputar mengelilingi bumi untuk mengumpulkan informasi yang berguna maupun untuk membantu transfer informasi.
Penerimaan data dari stasiun bumi ke satelit disebut uplink   dan pemantulan kembali data dari satelit ke stasiun bumi disebut downlink. Data atau informasi yang diterima maupun yang dipantulkan/dipancarkan  satelit adalah berbentuk sinyal radio.

2.Apa  yang merupakan komponen utama Satelit

Terdapat  3 komponen  utama Satelit yaitu:
1.Sistem Komunikasi, terdiri dari :
^antena commando
^sensor
^transponder 
^computer  onboard
^camera         



2.Sistem Sumber Daya
terdiri dari panel surya untuk menyerap energi matahari dan merubahnya menjadi energi listrik yang disimpan pada baterai ulang on board.  
Ada satelit yang menggunakan bahan kimia  dan nuklir sebagai sumber dayanya.

3. Sistem Propulsi (sistem penggerak):  
yaitu system control agar satelit tetap berada pada lintasan orbit ,  sistem ini terdiri dari roket kecil pendorong yang dilengkapi dengan bahan bakar (propelan).
Pada beberapa satelit bahkan dilengkapi dengan persenjataan.



Gambar 1.  bagian-bagian pada satelit
3.Berapa lama suatu satelit bisa berfungsi ?
Masa hidup satelit ditentukan oleh ketersediaan bahan bakar yang menjadi  sumber tenaga bagi roket pendorong, jika bahan bakar habis maka satelit akan melayang keluar dari operasi menjadi puing-puing /sampah ruang angkasa.
Satelit bisa beroperasi pada suhu ekstrim dari -1500 C (-2380 F) sampai 1500 (3000 F) dan mampu dikenai radiasi ruang angkasa karena terlindungi dengan aluminium dan material tahan radiasi lainnya.
Satelit memiliki Sistem Termal  melindungi komponen elektronik dan mekanik sensitive dan memelihara suhu berfungsi optimal untuk menjamin operasi yang kontinu dan melindungi komponen yang 

4.Berapakah berat sebuah Satelit ?
Berat satelit bervariasi dimulai dari yang teringan kurang dari 1 kg(mikrosatelit) hingga yang beratnya lebih dari 6500 kg(6,5 ton).


6.Daerah mana yang bisa menggunakan layanan Satelit ?
Satelit mampu membentuk cakupan area layanan atau foot print ( jejak kaki) sebagai daerah yang dilayani  satelit.
Jenis cakupan area /jejak kaki  satelit terdiri atas:

a) Spot Beams.
Sebuah Spot Beam adalah sorotan  sinar sinyal radio dari antena satelit yang diarahkan pada daerah tertentu pada permukaan bumi. Daerah ini bisa sekecil 30 mil persegi dengan satelit orbit rendah LEO). Diperlukan 20 unit atau lebih satelit LEO untuk  cakupan
global. Spot Beams memungkinkan target layanan satelit ke wilayah tertentu atau bisa juga digunakan untuk memberikan layanan local yang berbeda untuk wilayah local yang berbeda.
Spot Beam  membatasi kesempatan bagi sistem pihak ketiga yang mencegat data,  dan untuk  meminimalkan jumlah daya yang diperlukan untuk mengirimkan data.  Spot Beams juga digunakan dalam telekomunikasi untuk hubungan langsung antara satelit tertentu  dengan  transponder tertentu.


Gambar 2. Contoh Spot Beam

b)Broad Beam

Broad Beam merupakan sorotan sinyal radio dari antena satelit yang diarahkan pada   daerah yang luas di permukaan bumi. Broad Beam  biasanya digunakan pada  satelit geostationer (GEO), daerah cakupannya bisa 1/3 luas bumi dan untuk cakupan global diperlukan cukup 3 buah satelit GEO. Broad Beam digunakan untuk telekomunikasi, umum dan pengawasan, radar berbasis satelit, GPS dll.
Keuntungan menggunakan Broad Band yaitu meminimalkan jumlah satelit perusahaan yang digunakan untuk melayani pelanggan mereka sehingga dan memungkinkan ribuan unit individu terhubung ke system yang sama.  Contoh broad beam :CONUS ( Continental United States ) beam.



Gambar 3. Illustrasi perbandingan broad beam dengan spot beam sebagai cakupan  /area layanan satelit



Gambar 3. Skema foot print/cakupan layanan satelit

Alhamdulillah , terima kasih...

No comments:

Post a Comment

LUPA PASWORD AKUN DI GOOGLE?.. BEGINI SOLUSINYA

Alhamdulillah 💕 Assalamualaikum  sahabat online 🙋💝💝 sharing info solusi jika sulit membuka akun google  Langkah-langkah metode lupa pasw...