Friday, January 31, 2014

Operating System (OS) part 2

Fungsi/peran/layanan OS di dalam:
Ket 5.Device management (mengelola hardware)
Fungsi ini berkaitan dengan manajemen I/O
Ketika berbagai jenis perangkat keras terpasang ke sistem komputer ,driver  perangkat  tersebut harus ditambahkan ke OS terpusat di Device Mananger  jika belum pernah  diinstal sebelumnya.
1
Membuka device driver
2
Menutup device driver 
3
Menangani driver secara berbeda oleh masing-masing jenis desain kernel, tetapi dalam setiap kasus, kernel menyediakan  I/O untuk memungkinkan driver mengakses perangkat secara fisik mereka melalui beberapa port atau memori lokasi.Keputusan yang sangat penting harus dibuat ketika merancang sistem manajemen perangkat, seperti dalam beberapa   desain akses mungkin melibatkan konteks switch, membuat operasi CPU yang sangat intensif dan mudah menyebabkan pertambahan  kinerja yang signifikan.
4
Dalam sistem plug and play, OS pertama melakukan scan(pemindaian) pada bus hardware yang berbeda, seperti Peripheral Component Interconnect (PCI) atau Universal Serial Bus (USB), untuk mendeteksi perangkat yang terpasang, kemudian mencari driver yang sesuai.

Ket 6.Execution of application management (mengekseskusi proses)
Prosesnya adalah setiap program yang berjalan pada komputer,yaitu  berbentuk layanan ataupun  aplikasi. Program ataupun layanan perangkat keras meminta layanan dari kernel operating system menggunakan system call.    
1
Memastikan setiap proses dan aplikasi menerima cukup  waktu prosesor berfungsi dengan baik.
2
Mengontrol dan melacak beberapa program yang bekerja dalam waktu  bersamaan dan menentukan aplikasi yang harus dijalankan  dalam  rangka apa dan berapa banyak waktu yang diperbolehkan  untuk setiap  aplikasi sebelum memberikan giliran kepada aplikasi lain.(pada  pemrosesan paralel/ timesharing /multitasking.
3
Menyediakan beberapa tingkat umpan balik dimana proses dengan user yang bekerja (didorong Interrupt)  biasanya akan dijalankan sebagai urutan / prioritas yang lebih tinggi. Interupsi adalah sinyal dari perangkat yang terpasang pada komputer  atau dari program dalam komputer yang menyebabkan program utama  yang mengoperasikan komputer ( sistem operasi ) untuk berhenti dan mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.
4
Mengontrol akses ke sumber daya komputer
5
Membatalkan atau menjalankan proses
6
Menggunakan banyak siklus prosesor sebanyak mungkin   untuk kerja nyata.
7
Menyediakan batch misalnya pada pencetakan sehingga aplikasi memulai dibebaskan dari pekerjaan.Batch procesing adalah pelaksanaan dari serangkaian program/pekerjaan pada komputer tanpa intervensi manual. File Batch adalah file jenis script berisi 
serangkaian perintah yang akan dieksekusi oleh command interpreter.
8
Menjalankan proses Sistem Idle atau proses latar belakang (pada OS Windows) jika tidak ada proses lain yang menunggu untuk menggunakan CPU.

  

Ket 7.Storage management (mengelola file/penyimapanan data/program)


Membuat file atau direktori

Mengalokasikan ruang untuk file,bagaimana  file disimpan ke penyimpanan di komputer  ataupun ke media penyimpanan sekunder.
#Penyimpanan sekunder, kadang-kadang disebut penyimpanan tambahan, adalah semua penyimpanan data yang tidak dalam penyimpanan utama komputer(RAM). Suatu penyimpanan tambahan atau penyimpanan eksternal. Dalam sebuah komputer pribadi, penyimpanan sekunder biasanya terdiri dari penyimpanan pada hard disk dan removable media, jika ada, seperti CD atau DVD.

Menjaga backup file

Menghapus file

Mengatur bagaimana File akan diakses,dibaca oleh pengguna  dll(otorisasi akses).

Memberikan izin kepada program untuk operasi pada file seperti  read-only, read-write, ditolak dan sebagainya.

Menyalin atau memindahkan file dan direktori dari satu tempat ke tempat lain

Melacak  file dan direktori (folder) penyimpanan  atau dari disk computer.

Mengganti nama file ataupun direktori


Memberikan jurnal, yang menyediakan pemulihan yang aman ketika sistem crash. Sebuah sistem file journal menulis informasi dua  kali: pertama untuk jurnal, yang merupakan log dari operasi sistem file, kemudian ke tempat yang tepat dalam sistem file biasa. Dalam hal terjadi crash,   sistem dapat pulih ke  keadaan yang konsisten dengan mengulang sebagian dari jurnal. 

Memformat disket floppy

Menampilkan daftar file yang tersimpan pada disk tertentu. 

Memverifikasi bahwa ada cukup ruang pada disk untuk menyimpan file. 

Melindungi dan membuat cadangan file dengan menyalin mereka ke disk lain untuk diamankan. 

Mempertahankan sistem file.


Mengkoordinasikan penggunaan berbagai jenis memori dengan pelacakan mana yang tersedia, yang akan dialokasikan atau de-alokasikan dan bagaimana untuk memindahkan data di antaranya.

Mengatur memori komputer secara hirarkis, mulai dari register  tercepat, CPU cache, memori akses acak(RAM)dan penyimpanan disk.
Cache adalah tempat penyimpanan data sementara, dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut , sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. 


Keterangan no 8 fungsi OS, klik di sini..


  Referensi:              
http://ask.leo.com.what_is_the_system_idle_process_and_why_is_it_using_most_of_the_CPU.html

http://ecomputernotes.com/fundamental/disk-operating-system/functions-of-operating-system 
http://en.wikipedia.org/wiki/User_interface

 execution.

 http://my.safaribooksonline.com/book/information-technology-
 and-software-  development/9788131733097/operating-
 system/ch071ev1sec4



No comments:

Post a Comment

LUPA PASWORD AKUN DI GOOGLE?.. BEGINI SOLUSINYA

Alhamdulillah 💕 Assalamualaikum  sahabat online 🙋💝💝 sharing info solusi jika sulit membuka akun google  Langkah-langkah metode lupa pasw...