Monday, February 2, 2015

Satelit - NASA Luncurkan Satelit Canggih Pemantau Bumi 31/01/2015



 Satu lagi tampilan kemajuan iptek dibidang informasi dan komunikasi, jika benar sesuai dengan yang diberitakan  sangat positip untuk kehidupan umat  manusia di muka bumi ini.

NASA Luncurkan Satelit Canggih Pemantau Bumi



California: Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan sebuah roket canggih dari Pangkalan Udara Vandenberg di California, AS, Sabtu (31/1/2015).




Satelit Soil Moisture Active Passive (SMAP) yang diangkut roket Delta 2 ini bertugas melacak keberadaan air tanah, yang dapat membantu warga di wilayah rendah untuk mengantipasi banjir dan bersiap menghadapi musim kemarau panjang.

Manajer peluncuran NASA Tim Dunn mengatakan peluncuran SMAP tidak mengalami kendala berarti. Saat satelit mencapai ketinggian 692 kilometer, ilmuwan akan mengoperasikan dua instrumen untuk mengukur kelembapan tanah di Bumi. Tujuannya, untuk menciptakan peta global kondisi tanah dalam resolusi tinggi.

Ilmuwan berharap data satelit ini akan meningkatkan kemampuan memprediksi banjir dan musim kemarau panjang.

"Data ini tidak hanya menguntungkan ilmuwan dalam lebih memahami planet kita.Satelit ini adalah pembuat rencana dan kebijakan darurat," ucap Geoffery Yoder, wakil administrator program NASA, seperti dilansir thehindu.com, Minggu (1/2/2015).

Selama ini, peta kekeringan dan pengingat banjir di beberapa negara dibuat berdasarkan grafik komputer. Satelit SMAP mampu mengukur kondisi tanah secara lebih mendetail.

Selain SMAP, roket Delta 2 juga membawa tiga satelit nano untuk JPL, Universitas Montana State dan Universitas California Polytechnic State. Lebih dari 100 mahasiswa terlibat dalam pembuatan tiga satelit nano bernama CubeSats tersebut.
WIL
Sumber informasi:
http://internasional.metrotvnews.com/read/2015/02/01/352481/nasa-luncurkan-satelit-canggih-pemantau-bumi
 

No comments:

Post a Comment

LUPA PASWORD AKUN DI GOOGLE?.. BEGINI SOLUSINYA

Alhamdulillah 💕 Assalamualaikum  sahabat online 🙋💝💝 sharing info solusi jika sulit membuka akun google  Langkah-langkah metode lupa pasw...